Senin, 21 Desember 2009

contoh RPP

The Best Business
Makalah Gratis
Unbari
Unja
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran :IPA (Biologi )
Kelas / Semester : IX/1
Pertemuan ke- : 1 (Pertama )

Standar Kompetensi : Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

Kompetensi Dasar : 1.1 Mengdeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
Indikator
1. Mendeskripsikan bentuk / bagian organ – organ penyusun sistem ekskresi pada manusia
2. Mendeskripsikan fungsi sistem ekskresi
3. Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
4. Menyadari pentingnya arti kesehatan

Alokasi waktu : 2 x 40 Menit ( 1 x Pertemuan )

A Tujuan Pembelajaran
Peserta didik diharapkan dapat :
1. Mengenal bentuk – bentuk sistem ekskresi pada manusia
2. Menyebutkan fungsi sistem ekskresi pada manusia
3. Memberikan contoh kelainan dan penyakit pada organ – organ ekskresi
4. Menjelaskan cara mengatasi penyakit yang berkaitan dengan organ ekskresi pada manusia
5. Mengetahui pentingnya arti kesehatan.

B. Materi Pembelajaran
- Alat-alat ekskresi pada manusia
- Fungsi organ ekskresi pada manusia
- Macam-macam penyakit pada sistem ekskresi manusia

C. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- diskusi

D. Langkah Kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi
Terdiri dari apa saja organ ekskresi pada manusia?

• Motivasi
Mengapa saat berolah raga kita banyak mengeluarkan keringat?




b. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan bagian-bagian sistem ekskresi
2. Guru menjelaskan fungsi dari bagian-bagian sistem ekskresi
3. Guru memberikan contoh kelainan dan penyakit pada organ-organ ekskresi
4. Guru menjelaskan cara mengatasi penyakit yang berkaitan dengan organ ekskresi pada manusia
c. Kegiatan Penutup
1. Guru membuat kesimpulan dari hasil belajar.
2. Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja dipelajari.

E. Bahan Pembelajaran
- . Buku siswa “Sains Biologi IX SMP/MTs” Penerbit Erlangga
- Buku Sains Biologi IX SMP/MTs lainnya yang relevan
F. Penilaian
Penilaian meliputi tes tertulis dan kinerja.
A. Tes Tertulis
1.Sebutkan organ-organ penyusun sistem ekskresi pada manusia?
2.Jelaskan fungsi masing-masing organ penyusun sistem ekskresi pada manusia?
3.Apakah yang dimaksud dengan defekasi?
4.Apakah yang dapat menyebabkan gagal ginjal?
5.Bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit diabetes?
6.Sebutkan dua lapisan yang menyusun epidermis kulit?
7.Mengapa kulit dapat digolongkan sebagai organ penyusun sistem ekskresi?
8.Apa zat sisa metabolisme yang dikeluarkan oleh paru-paru?
9.Mengapa rokok dapat membahayakan bagi paru-paru manusia?
10.Dimanakah letak hati?
Jawaban Pertanyaan:
1.Organ penyusun sistem ekskresi pada manusia adalah :paru-paru,hati,ginjal,dan kulit
2.-fungsi paru-paru adalah:sebagai alat pernapasan
-fungsi hati adalah;menghasilkan empedu,mengubah zat gula menjadi glikogen,membentuk urea yang berasal dari lemak,mengubah provitamin A menjadi vitamin A,sebagai tempat pembentukan protrombin.membunuh bibit penyakit dan menetralkan racun.
-fungsi ginjal adalah membuang sampah hasil metabolisme yang mengandung nitrogen
-fungsi kulit adalah mengeluarkan keringat,sebagai pelindung tubuh,menyimpan kelebihan lemak,mengatur suhu tubuh
3.Defekasi adalah:Proses pengeluaran sisa pencernaan makanan
4.Gagal ginjal disebabkan jika salah satu ginjal tidak berfungsi,kegagalan salah satu ginjal ini akan diambil alih tugasnya oleh ginjal lain.Hal ini sangat berisiko karena dapat menyebabkan penimbunan urea dalam tubuh dan dapat menyebabkan kematian.Penyakit ini dapat diatasi dengan cangkok ginjal.

5. Penyakit diabetes dapat dilakukan dengan memberikan suntikan insulin secara terarur,penyakit diabetes yang lebih ringan dapat diatasi dengan cara mengatur diet.

6.- lapisan tanduk
- lapisan malpighi
7. karena kulit berfungsi sebagai alat pengeluaran,yaitu mengeluarkan keringat dan zat-zat terlarut didalam kulit terutama garam dapur.
8. Karbon dioksida dan uap air
9. Karena rokok dapat menyebabkan gangguan pada paru-paru,salah satu penyakit yang ditimbulkan adalah kanker paru-paru
10.Hati terletak dirongga perut sebelah kanan,tepat di bawah rongga dada atau diafragma.
B Penilaian Kinerja
Penilaian ini dilakukan dengan mengamati seluruh kegiatan siswa satu- persatu.Hasilnya dicatat untuk dimasukkan dalam table penilaian.
Format penilaian kinerja sebagai berikut:
Hari/Tanggal :
Kelas/semester :



No

Nama
Aspek Penilaian


Jumlah
Keterampilan Bertanya
(0-30) Keterampilan Berdiskusi (0-30) Keterampilan Merangkum (0-40)
1.
2.
3.
4.
dst

Keterangan:
1.Keterampilan Bertanya
• Merumuskan 5 pertanyaan dengan baik skor 30
• Merumuskan 4 pertanyaan dengan baik skor 24
• Merumuskan 3 pertanyaan dengan baik skor 18
• Merumuskan 2 pertanyaan dengan baik skor 12
• Merumuskan 1 pertanyaan dengan baik skor 6
2.Keterampilan Berdiskusi
• Mengungkapkan 5 pendapat dengan baik skor 30
• Mengungkapkan 4 pendapat dengan baik skor 24
• Mangungkapkan 3 pendapat dengan baik skor 18
• Mengungkapkan 2 pendapat dengan baik skor 12
• Mengungkapkan 1 pendapat dengan baik skor 6










3.Keterampilan Merangkum Konsep Penting
• Merumuskan 5 rangkuman konsep penting dengan baik dan benar skor 40
• Merumuskan 4 rangkuman konsep penting dengan baik dan benar skor 30
• Merumuskan 3 rangkuman konsep penting dengan baik dan benar skor 20
• Merumuskan 2 rangkuman konsep penting dengan baik dan benar skor 10
• Merumuskan 1 rangkuman konsep penting dengan baik dan benar skor 5
• Tidak dapat merumuskan rangkuman dengan baik dan benar skor 0







Dilaksanakan,………………
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran



PUTRI ASIH PERMANI
NIP: NIM:A1C407021






Artikel Yang Perlu Anda Baca



0 komentar: